Dengan Poskestren Santri Menjadi Lebih Mandiri dalam Menghadapi Masalah Kesehatan di Pesantren.

Botolinggo, 28 Agustus 2024 - Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) di lingkungan pondok pesantren, dengan prinsip dari, oleh, dan untuk warga pondok pesantren, yang mengutamakan pelayanan promotif, preventif, tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif yang dilaksanakan di bawah binaan UPTD Puskesmas Botolinggo. Lokasi Poskestren berada dalam  lingkungan pesantren dan tidak memerlukan bangunan tertentu namun  sebaiknya memiliki ruangan  khusus dan dapat memanfaatkan ruangan serba guna.

Dengan adanya pembinaan berkala di Pondok Pesantren diharapkan agar warga pondok pesantren mengenal masalah yang dihadapi, merencanakan dan melakukan upaya pemecahannya dengan memanfaatkan potensi setempat sesuai situasi, kondisi dan kebutuhan setempat. Upaya fasilitasi tersebut diharapkan pula dapat mengembangkan kemampuan warga pondok pesantren untuk menjadi perintis/ pelaku dan pemimpin yang dapat menggerakkan masyarakat berdasarkan asas kemandirian dan kebersamaan.

Kegiatan pembinaan poskestren merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Puskesmas Botolinggo. Pembinaan yang dilakukan sekarang yaitu adalah Poskestren Nurul Fata yang terletak di Desa Lumutan. Pada kegiatan pembinaan kali ini yaitu materi tentang PPGD, materi pengobatan, dan monitoring administrasi pencatatan di Poskestren. 

Share Berita Ini