"GO SAJI (BOTOLINGGO SEHAT JIWA)" UNTUK MASYARAKAT BOTOLINGGO SEHAT JIWA DAN RAGA

Puskesmas Botolinggo, Kecamatan Botolinggo menggelar kegiatan Posyandu Kesehatan Jiwa yang biasa disebut dengan "GO SAJI (Botolinggo Sehat Jiwa)" di Desa Lumutan. "GO SAJI" merupakan salah satu inovasi yang dimiliki oleh UPTD Puskesmas Botolinggo. Tujuan kegiatan ini yaitu agar angka jumlah pasien ODMK (Orang dengan Masalah Kesehatan) dapat berkurang dan dapat sembuh kembali, hidup dengan penuh inovasi, selain itu untuk mencegah dan mengurangi resiko seseorang mengalami gangguan jiwa dan memberikan terapi serta dipadukan dengan kegiatan pemberdayaan. Harapan dari kegiatan ini yaitu memulihkan kesehatan mental , dan pasien dapat diberdayakan sehingga lebih mudah bagi mereka diterima oleh masyarakat. 

Kegiatan Posyandu Kesehatan Mental "GO SAJI" ini dihaidiri oleh beberapa pasien yang sudah kooperatif dan sudah produktif di wilayah Puskesmas Botolinggo. Adapun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya cek kesehatan, konseling bersama dokter, pemberian obat, senam bersama, penyuluhan kesehatan, dan juga diajarkan membuat keterampilan guna membuat pasien menjadi produktif dan mengembangkan potensi keterampilan yang dimiliki. 

Hadir dalam kegiatan ini tim dari Puskesmas Botolinggo dan kader jiwa yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Botolinggo. Para kader ini akan menyampaikan informasi terkait keberadaan dan perkembangan kondisi pasien serta melaporkan ke tim Puskesmas jika ada suspek pasien ODMK atau ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa ) yang baru di masyarakat. 

Share Berita Ini