Kekebalan Tetap Terjaga dengan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah)

UPTD Puskesmas Botolinggo melakukan kegiatan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) secara serentak di SD/MI di wilayah kerja UPTD Puskesmas Botolinggo. Pemberian imunisasi pada anak usia sekolah dasar atau disebut BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) adalah pemberian imunisasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit campak, rubella, difteri, tetanus dan kanker serviks.

Program BIAS sangat penting, karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi. Oleh karena itu pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah dasar sederajat yang pelaksanaanya serentak di Indonesia dengan nama BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah). 

Sasaran pelaksanaan BIAS adalah anak kelas 1 ,2, dan 5. Anak kelas 1 akan mendapatkan imunisasi DT, kelas 2 dan 5 mendapatkan imunisasi TD. Imunisasi DT (Diphteria Tetanus) adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertussis). Sedangkan imunisasi TD (Tetanus Diphteria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi DT agar anak semakin kebal dengan ketiga penyakit tersebut.

Setiap anak usia sekolah harus dipastikan memiliki riwayat imunisasi rutin lengkap yang bertujuan untuk 1) Meningkatkan kekebalan anak usia sekolah terhadap penyakit Campak, Rubela, Tetanus, dan Difteri. 2) Memberikan kekebalan bagi anak perempuan usia sekolah terhadap penyakit Kanker leher rahim. 3) Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit Campak, Rubela, Tetanus, Difteri dan Kanker leher rahim.

Mari Sehatkan generasi  kita dengan mensukseskan Program BIAS !

Share Berita Ini