PANDU PTM di UPTD Puskesmas Botolinggo untuk Upaya Pencegahan dan Pengendalian Terpadu PTM

Pandu PTM merupakan kepanjangan dari Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular. Pengendalian PTM di Indonesia semakin digalakkan seiring bertambahnya jumlah kasus dan dampak yang ditimbulkan PTM. Upaya-upaya promotif, preventif, deteksi dini, pengobatan, paliatif dan rehabilitatif diintegrasikan dalam konsep Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular (PANDU PTM) yang merupakan program unggulan Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular. PANDU PTM merupakan suatu pendekatan faktor risiko PTM untuk deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM terintegrasi yang dilaksanakan melalui kegiatan Posbindu PTM di masyarakat, pelayanan hipertensi dan diabetes ter integrasi, serta layanan khusus PTM lainnya di Puskesmas.

Maksud dan Tujuan kegiatan ini adalah agar Melalui Pelayanan Terpadu PTM diharapkan faktor risiko yang sudah terdeteksi dikelola secara terintegrasi dengan program-program yang sudah berjalan di puskesmas. Dengan demikian puskesmas mampu melakukan upaya pencegahan dan pengendalian terpadu PTM demi terwujudnya peningkatan derajat Kesehatan masyarakat.

Kegiatan Pandu PTM meliputi skrining, pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tensi dan lainnya. Skrining tersebut tidak hanya dilakukan kepada pasien namun kepda pengantar pasien juga. Pasien yang datang sebelum ke ruang pendaftaran mendapatkan skrining terlebih dahulu oleh Tim Pandu PTM

Share Berita Ini