UPTD Puskesmas Botolinggo Lakukan Pengkajian PHBS di Intitusi Pendidikan

PHBS merupakan kependekan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Sedangkan pengertian PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku  hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat.  

Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari hari yang bersih dan sehat. Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

PHBS di sekolah adalah pelaksanaan prosedur kesehatan tertentu dengan memberdayakan guru, siswa, serta masyarakat di lingkungan sekolah.
Mereka diharapkan untuk bisa melakukan pola hidup sehat demi terciptanya sekolah dan lingkungan sekitar yang sehat.

Kunjungan survey PHBS sekaligus inspeksi kesehatan lingkungan ini dilaksnanakan di SDN/MI di wilayah kerja UPTD Puskesmas Botolinggo. Selain melakukan wawancara juga sekaligus observasi secara langsung lingkungan sekolah.

Tujuan dilakukan PHBS ini yaitu agar seluruh warga sekolah aktif dan secara mandiri mewujudkan sekolah yang bersih dan sehat, serta terbebas dari ancaman penyakit.

PHBS di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Ada beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu :

1. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun

2. Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah

3. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat

4. Olahraga yang teratur dan terukur

5. Memberantas jentik nyamuk

6. Tidak merokok di sekolah

7. Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan

8. Membuang sampah pada tempatnya

Share Berita Ini